Ingin Berkarir di Dunia Digital Marketing? Simak Artikel ini Sampai Habis!

Menjadi seorang digital marketer merupakan salah satu profesi yang cukup menggiurkan dan sangat banyak dibutuhkan oleh perusahaan manapun. Selama masa pandemi ini, kebiasaan orang-orang sudah mulai berubah, semua aktivitas dilakukan hampir serba online. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh ke semua sektor khususnya buat para pelaku bisinis. Oleh karena itu, angka permintaan jasa digital marketing terus saja semakin meningkat mengingat para pelaku bisnis, pemilik brand, dan UMKM sadar bahwa betapa pentingnya menerapkan digital marketing untuk memajukan usaha atau bisnis mereka. Tapi, sayangnya jumlah digital marketer di Indonesia masih terbatas.

Hal ini sebenarnya menjadi peluang buat teman-teman yang ingin berkarir di dunia digital marketing, karna mengingat prospek kedepannya, profesi ini akan terus semakin berkembang seiring perkembangan zaman yang semua serba digital ini. Tapi, bagaimana cara memulai karir di dunia digital marketing ini? apa-apa saja tugas sebagai seorang digital marketer? dan siapa saja yang bisa menjadi seorang digital marketer? Nah, itu semua akan dibahas di artikel ini, mulai dari penjelasan tentang digital marketing sampai cara menjadi seorang digital marketer. Untuk itu, simak artikel ini sampai habis!

1. Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing adalah suatu kegiatan promosi atau pemasaran sebuah produk atau brand ke calon konsumen yang tepat dengan menggunakan internet dan media digital lainnya. Sebenarnya istilah digital marketing sudah ada sejak lama, namun seiring berjalannya waktu ketika semakin banyak pengguna internet, maka istilah ini sudah ramai didengar. Apalagi milyaran orang didunia sudah menggunakan internet sebagai bagian dari kehidupan sehari-harinya menjadikan hal ini suatu kelebihan dari digital marketing. Menjangkau pasar secara lebih luas dengan biaya yang lebih rendah dan cara-cara yang lebih terukur, menjadikan digital marketing sebagai strategi yang dapat dilakukan untuk memasarkan bisnis.

Lalu, bagaimana pekerjaan sebagai seorang digital marketer itu sendiri? Nah, ada beberapa tipe pekerjaan digital marketing.

2. Karir-karir di Dgital Marketing

Berikut tipe pekerjaan di digital marketing beserta tugas-tugasnya:

  • Social Media Specialist

Bertanggung jawab mengelola, merencanakan dan menciptakan strategi konten untuk berbagai platform sosial media milik perusahaan atau bisnis.

  • Content Marketing

Memiliki tugas dalam membuat dan mendistribusikan konten yang didalamnya bersifat menggambarkan sebuah bisnis dengan jelas dan informatif serta menarik.

  • SEO/SEM

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization. Bertanggung jawab dalam mengoptimasi sebuah website agar masuk dalam pencarian teratas di google. Sedangkan SEM kepanjangan dari Search Engine Marketing, yang bertanggung jawab dalam mengoptimasi website disebuah mesin pencari dengan memanfaatkan iklan.

  • Content Writer

Bertugas dalam menulis sebuah konten yang menarik dan relevan buat pembaca dengan platform yang digunakan.

  • Copywriter

Berbeda dengan content writer, copywriter bertugas menulis naskah iklan untuk sebuah produk atau bisnis dengan menggunakan berbagai media seperti media digital dan media cetak.

  • Paid Ads Specialist

Bertanggung jawab dalam menjalankan sebuah kampanye iklan digital di berbagai platform seperti search engine, social media, dan iklan display.

  • Data Analytics

Bertugas mengumpulkan data dan informasi untuk dianalisa, mendapatkan kesimpulan untuk menjawab pertanyaan, dan mengambil keputusan yang tepat untuk sebuah bisnis.

  • Email Marketing

Menjalankan sebuah email yang berisi konten atau pesan untuk dikirimkan ke beberapa calon pelanggan atau pelanggan. Isi konten biasanya berupa informasi mengenai bisnis, produk, promosi atau event yang akan berlangsung.

3. Cara Memulai Karir di Digital Marketing

Sebelum-sebelumnya sudah dijelaskan pengertian dan tipe-tipe pekerjaan atau karir di digital marketing. Lalu, apakah semua orang bisa menjadi seorang digital marketer? jawabannya, tentu saja bisa. Bagaimana caranya memulai karir di digital marketing? Nah, buat teman-teman yang ingin berkarir sebagai seorang digital marketer, tetapi tidak tau bagaimana caranya. Sekarang, Rakamin Academy sedang membuka program digital marketing career bootcamp batch #20. Di program ini kita bisa belajar tentang digital marketing dan bagian-bagiannya serta setelah program selesai, akan dibimbing oleh Rakamin di tiap prosesnya sampai mendapatkan kerja.

Teman-teman bisa cek informasi lebih lanjut mengenai programnya di situs http://rakamin.com atau bisa klik gambar dibawah ini.

Source : Instagram Rakamin Academy

Siapapun bisa mengikuti program ini, tapi sebelum itu, teman-teman bisa mengikuti profile assessment dari Rakamin. Jadi profile assessement ini merupakan test kepribadian sekaligus tes minat karir buat yang masih bingung sama diri sendiri dan mau berkarir di bidang apa. Tes ini bisa kamu isi secara gratis di situs http://rakamin.com atau bisa langsung klik http://Rakamin.com/career-profiler.

Ini contoh hasil tes profile assessment yang telah saya ikuti.

hasil-profile-assessment-dari-rakamin-1
Hasil Profile Assessment dari Rakamin (Source : Rakamin.com)
hasil-test-career-profiler-dari-rakamin
Hasil Tes Career Profiler dari Rakamin (Source : Rakamin.com)

Baiklah, sekiranya informasi tentang berkarir di dunia digital marketing, semoga artikel yang saya tulis bisa membantu teman-teman yang sedang mencari informasi tentang peluang dunia kerja di bidang teknologi, switch career, atau berminat menjadi seorang digital marketer. Akhir kata, sekian dan terima kasih!

Penulis : Farina Tjahaja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s