Makna Kemerdekaan Dalam Diri Sendiri, Yakin Kamu Sudah Merdeka Seutuhnya?!

Makna Kemerdekaan Dalam Diri Sendiri
Makna Kemerdekaan Dalam Diri Sendiri | Photo by Canva

Hari ini tepat ditanggal 17 Agustus 2022, memperingati hari Kemerdekaan Indonesia ke 77 tahun, “Selamat Memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia ke 77 ya manteman.” Disini aku ingin sekali membagikan pemikiranku tentang apa sih makna kemerdekaan yang sebenarnya khususnya buat diri sendiri. Walaupun Indonesia sudah merdeka, tapi apakah kamu merasa yakin bahwa diri kamu sudah benar-benar ‘merdeka’?

Aku selalu bertanya kepada diriku, apakah aku benar-benar sudah merdeka saat ini? Merdeka berarti telah bebas dari penjajahan, begitu gak sih? Bicara soal penjajahan, penjajahan tidak serta merta orang asing masuk ke negara kita, merampas semua hak dan milik kita, gak hanya itu saja.

Sadar gak sih, bahwa sebenarnya kita bisa saja masih merasakan penjajahan itu. Lho, kok gitu? iya, penjajahan zaman sekarang maksudnya bukan penjajahan seperti zaman dahulu. Namun penjajahan yang dimaksudkan disini adalah diri kita sendiri dijajah oleh lingkungan sekitar kita. Bentuk penjajahan itu seperti kita dikuasai oleh pemikiran negatif orang lain, komentar orang lain, ingin diakui, hidup berdasarkan penilaian orang lain, circle pertemanan yang toxic dan masih banyak hal lainnya. Jangankan jauh-jauh, pikiran kita yang negatif aja kalau berhasil menguasai diri kita dampaknya selain menyakitkan fisik, juga melemahkan mental, benar gak?!!

Nah, sekarang balik lagi ke diri kita masing-masing, apakah kamu yakin sekarang ini kamu merasa merdeka?! Kalau kamu merasa belum yakin, mungkin ada baiknya kamu baca artikel ini sampai habis karna disini aku akan bagikan beberapa macam bentuk kemerdekaan itu sendiri. Berikut bentuk-bentuk kemerdekaan pada diri sendiri;

  • Berani Tidak Disukai

Yang pertama adalah kamu harus bisa menjadi diri kamu sendiri. Ingat, ketika kamu benar-benar menjadi diri kamu sendiri, mungkin ada beberapa pihak yang tidak menyukai kamu yang ‘seutuhnya’. Gak usah ambil pusing, jadilah sosok yang berani untuk disukai. Orang-orang yang benar-benar menyukaimu akan menyukaimu apa adanya.

  • Jadilah Pribadi yang Asertif

Menjadi pribadi yang asertif, maksudnya adalah tegas terhadap semua hal. Berani mengambil tindakan yang menurut kamu benar. Kamu bisa menolak sesuatu jika itu memberatkanmu. Ambil keputusan yang tepat yang bisa menguntungkan bersama. Tidak harus menjadi pribadi yang menyenangkan buat orang lain. Take your time! latihlah diri kamu untuk berkata tidak, sayangi diri kamu, tapi jangan sampai egois ya.

  • Memiliki Jalan Ninja Sendiri

Milikilah jalan ninjamu sendiri, artinya kamu harus punya prinsip hidup yang dimana kamu nyaman dengan apapun yang kamu punya, seperti keputusan, batasan diri, cara berpikir, impian yang ingin kamu capai, kebiasaan yang ingin kamu bangun, kepada siapa kamu ingin berteman, goals, apapun itu. Tidak akan ada orang yang berhak merusak jalan ninja kamu, bahkan orang-orang terdekat kamu. Ketika kamu sdah menentukan jalan ninjamu, maka hidupmu akan semakin terarah.

  • Bebas Berpendapat

Kamu bebas mengemukakan pendapat yang sekiranya benar, tidak menyakiti atau menyinggung perasaan orang lain. Pendapat yang kamu ungkapkan jangan sampai menimbulkan sesuatu yang tidak baik atau merugikan orang lain ya, seperti nyinyir, ngejudge, menilai kepribadian orang lain, mengomentari hidup orang lain, mengkritik padahal tidak diminta. Bukannya membaik tapi malah menjatuhkan dan merugikan orang lain. Menurut aku, itu bukan bentuk kemerdekaaan, malah menjajah pemikiran orang lain dengan pendapat toxicmu.

  • Mencintai Diri Sendiri

Sebelum kamu menccintai orang lain, ada baiknya kamu mencintai diri kamu sendiri. Rawatlah dirimu, makanlah makanan yang sehat, rutin berolahraga dan tidur yang teratur. Ambillah waktu buat dirimu sendiri. Perkaya dirimu dengan pengetahuan, seperti mengambil kelas online, mengikuti seminar, nonton youtube tentang perkembangan diri, atau membaca buku yang sesuai dengan minat kamu. Dekatilah orang-orang yang sekiranya memberi dampak baik buat diri kamu.

  • Bodo Amat

Sebelumnya, aku pernah membaca buku yang berjudul ‘Sebuah Seni Bersikap Bodo Amat’ dari Mark Manson. Akupun pernah menuliskan artikel tentang bukunya, jadi bisa singgah sebentar buat baca ya disini tapi setelah baca artikel ini sampai habis ya, wkwkwkw. Aku pribadi sangat suka dengan buku ini, sampai-sampai aku buat reels di Instagram tentang menjadi pribadi yang bodo amat yang bisa teman-teman tonton dibawah. By the way, jangan salah kaprah dulu ya tentang makna ‘bodo’ amat ini, sebaiknya kamu memang perlu baca artikelku tentang ‘Cara Menjadi Pribadi yang ‘Bodo Amat’ Agar Hidup Lebih Bermakna’.

  • Bebas Berekspresi

Ekspresikan Gayamu! pernah dengar kata-kata ini disebuah iklan apa ya, lupa (hehehe). Tapi ini benar adanya karena ketika kamu sudah benar-benar menjadi diri kamu sendiri, kamu dapat mengekspresikan apapun yang kamu punya. Sekali lagi, kamu bebas berpendapat selama tidak merugikan orang lain, kamu bebas menunjukkan apapun yang kamu punya, ntah itu bakat atau segala sesuatu yang membuat kamu senang, tapi jangan sampai merugikanmu atau orang lain ya.

Nah, itu dia tadi bentuk-bentuk kemerdekaan yang kamu punya dalam diri kamu sendiri. Sebenarnya, masih banyak macam bentuk kemerdekaan itu sendiri, tapi inilah beberapa hal yang umum yang dapat aku bagikan kepada teman-teman semua. Semoga bermanfaat dan bisa saling menyadarkan bahwa kita semua bisa merdeka jika kita telah menjadi diri kita sendiri. Sekiranya ada salah kata aku minta maaf ya. Mau pamit dulu, mau ngerayain 17 agustusan, hehehe. Sekian dan terimakasih! (Bole dishare kalau rasa-rasanya bermanfaat, ciaaooo).

Penulis : Farina Tjahaja a.k.a BlackRose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s