Salah satu kendala yang sering dialami oleh para pelaku usaha adalah memasarkan dagangannya dengan menjangkau orang-orang banyak. Karena dengan tidak memasarkan barang jualannya, tentu saja tidak akan ada yang namanya pembelian.
Tentu, membeli barang dagangan kita adalah salah satu harapan terbesar yang dimiliki oleh setiap pemilik usaha. Jika tidak ada pembelian, tidak akan ada yang namanya pemasukan, jika tidak ada pemasukan, maka cashflow tidak akan berjalan dan bisnis kita pun bisa bisa malah bangkrut.

Namun, untuk membuat orang serta merta membeli barang dagangan kita bukanlah hal yang mudah, butuh strategi pemasaran agar orang-orang bisa tertarik dengan apa yang kita jual.
Yah, mungkin diawal bisnis yang kita bangun, teman atau keluarga atau kerabat dekat mau membeli barang dagangan kita. Tapi yang harus diingat adalah itu semua merupakan sikap baik mereka untuk mendukung bisnis kita. Dan ini biasa terjadi saat di awal-awal saja, selebihnya ya tetap membutuhkan orang lain untuk membeli barang dagangan kita.
Mungkin dengan adanya Sosial Media, kita lebih dimudahkan untuk mempromosikan usaha atau bisnis kita. Tapi, tetap saja ada kendala yang selalu kita miliki, seperti banyaknya saingan atau kalah promosi oleh bisnis sebelah, belum memiliki pengikut yang banyak sehingga orang-orang tidak tahu tentang bisnis kita, atau strategi memasarkannya yang masih belum tepat. Hal ini tentunya sering dialami oleh usaha atau bisnis yang baru bangun.
Untuk para pebisnis yang baru saja memulai, mungkin kendala kita lainnya adalah tidak memiliki dana untuk melakukan promosi atau memperkenalkan bisnis dengan menjangkau target market secara lebih luas.
Walaupun sebenarnya di media sosial ataupun media internet lainnya memiliki layanan ads/iklan dengan budget yang cukup murah. Tapi karna kita disini bisa jadi ingin menekan dana supaya tidak keluar banyak, kita berusaha untuk melakukan effort lebih untuk mempromosikan bisnis. Bisa saja dengan mengirim pesan satu persatu ke setiap akun media sosial.

Sebenarnya cara ini bisa dilakukan, tapi tidaklah selalu efektif dan cukup membuang waktu jikalau tidak ada yang tertarik dengan produk yang kita jual. Lantas, apa yang bisa dilakukan agar kita dapat mengenalkan atau mempromosikan jualan kita dengan minim dana bahkan gratis?
Jika teman-teman sedang mengalami seperti apa yang ditulis sebelumnya, berarti teman-teman sedang berada di artikel yang tepat. Karna sesuai dengan judul artikel ini, aku akan membagikan informasi mengenai 3 media promosi di media sosial yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk jualan kamu secara gratis. Apa saja itu?
- ManisdanSedap.com
ManisdanSedap adalah sebuah platform jual beli makan Pre-Order yang menguntungkan untuk membantu usaha kecil di industri kuliner agar bisa berkembang lebih besar dan cepat.
Benefit yang kamu dapatkan selain dipromosikan secara gratis adalah;
- Produk dipromosikan di situs web resmi manisdansedap.com
- Jangkauan se-Indonesia
- Berkembang lebih cepat, lebih besar dan lebih cuan dengan promosi dari KLY Group.
- Pendaftaran mudah dan cepat.
- Produk kamu berkesempatan dipromosikan di platform media besar di Indonesia seperti IDN Times, Kapanlagi.com dan media online lainnya.
Jika ingin bisnis kamu dijangkau secara lebih luas, kamu bisa langsung kunjungi Instagram @manisdansedapcom dan ikuti syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.
- Perempuan Maju Digital
Perempuan Maju Digital : Pebisnis Online merupakan sebuah platform belajar bisnis online secara gratis. Selain itu, di PMD terdapat webinar yang sering diadakan setiap bulannya secara gratis.
Perempuan Maju Digital sudah banyak membantu para pelaku UMKM untuk bisa memasarkan bisnisnya secara digital dengan pengetahuan dan pemahaman yang diberikan melalui kelas-kelas online, webinar, serta kelas intensif yang diadakan dua kali selama setahun.
Aku sendiri pernah mengikuti programnya di tahun 2021 dan secara pribadi program ini benar-benar sangat membantuku untuk memahami target pasar, cara memasarkan bisnis melalui sosial media, perbedaan branding dan marketing, serta membuat business model canva untuk mengenali bisnis seperti apa yang akan dibangun nanti.
Diluar dari program-program tersebut. PMD juga memberikan media gratis yang bisa digunakan untuk mempromosikan jualan kamu, yaitu WhatsApp Katalog Perempuan Maju Digital.
Disini, produk kamu akan dipasang di WA katalog resmi PMD. Dengan ini produk kamu akan berkesempatan untuk dikenal oleh banyak orang. Jika kamu berminat mengenalkan produkmu lebih luas, kamu bisa langsung kunjungi Instagram @think.women dan ikuti syarat serta ketentuan yang telah ditetapkan.
- Medan Creative Market
Seperti pada nama lokasinya, Medan Creative Market merupakan sarana untuk membantu mempertemukan antara penjual dan pembeli serta mempermudah para pelaku usaha jasa dan industri ekonomi kreatif Kota Medan yang termasuk dalam 17 sub sektor ekonomi untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produknya.
Promosi yang dilakukan melalui Instagram dan Facebook resmi Medan Creative Market, yang dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Kota Medan. Adapun ketentuan seperti peraturan dan larangan yang bisa kamu lihat di Facebook resminya.
Khusus pelaku UMKM Kota Medan, kamu bisa banget promosiin produk kamu melalui media sosial Medan Creative Market. Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi Instagram @medancreativemarket sekarang juga!
Penulis : Farina Tjahaja
Pingback: Khusus UMKM, Ini Dia 3 Media Promosi di Sosial Media, Gratis! — BlackRose – korantabloid.id.com