Bikin Bisnismu Terlihat Lebih Kredibel dengan WhatsApp Business

1. Tentang WhatsApp dan Kegunaannya

Siapa sih yang gak tau WhatsApp?! Aplikasi yang dapat mengirim pesan instan dalam waktu yang singkat. Hampir mirip seperti pesan SMS, hanya saja WhatsApp membutuhkan koneksi internet agar para penggunanya dapat menggunakan aplikasi tersebut. WhatsApp sudah ada sejak tahun 2009, namun telah diakuisisi dengan menjadi milik Facebook pada tahun 2014.

Selain mengirim pesan teks, WhatsApp juga bisa mengirim foto, video, dokumen, audio, dan gif. Bukan hanya itu, para pengguna juga bisa menggunakan WhatsApp untuk menelpon orang lain, melakukan video call, membuat obrolan grup, dan juga membagikan cerita dengan fitur story/status.

Nah, kabar baiknya, WhatsApp juga bisa digunakan sebagai alat untuk kemudahan yang dapat membantu para pemilik bisnis. Jika Instagram memiliki Akun Profesional, atau Facebook memiliki Facebook Page, maka WhatsApp pun memiliki WhatsApp Business. Walaupun begitu, tetap ada perbedaan yang cukup signifikan, yaitu WhatsApp dan WhatsApp Business merupakan dua aplikasi yang terpisah.

WhatsApp Business Memudahkan Para Pemilik Bisnis Untuk Berinteraksi dengan Konsumen | Photo by Canva

Sebenarnya, dua aplikasi ini sangat mirip. Hanya saja, WhatsApp Business memiliki fitur lebih yang dibuat secara khusus untuk memudahkan para pemilik bisnis untuk berinteraksi secara personal dengan konsumennya, sebagaimana pada aplikasi WhatsApp biasa, dan membuat bisnis terlihat lebih kredibel atau terpercaya karna memiliki kontak bisnis yang resmi.

Nah, kira-kira apa aja sih fitur-fitur WhatsApp Business?

2. Fitur WhatsApp Business

#1 Profil Bisnis

Yang paling utama dalam membuat akun WhatsApp Business adalah melengkapi bagian profil bisnis. Mulai dari isi dengan nama toko/bisnis, deskripsi, atur jam operasional, cantumkan alamat dan jangan lupa integrasikan dengan maps, produk/katalog, informasi e-mail bisnis, serta link website dan tautan sosial media.

Untuk foto profil, sebaiknya pasang foto dengan logo bisnis dan untuk sampul sebaiknya gunakan foto produk/jasa yang ditawarkan. Hal ini membuat WhatsApp Business terlihat lebih profesional.

#2 Quick Reply

Sama seperti Instagram dan Facebook, WhatsApp Business juga memiliki fitur Quick Reply. Hal ini memberikan kemudahan buat para pemilik bisnis agar tidak membalas pertanyaan yang sama berkali-kali dan lebih hemat waktu.

Cara mengaktifkan fitur ini sama seperti pada Instagram dan Facebook, cukup membuat satu folder pertanyaan yang biasa sering ditanyakan oleh para konsumen dan set kata kunci yang berhubungan dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sehingga, jika konsumen memberikan pertanyaan diluar jam kantor, mereka tidak perlu menunggu lagi karna sudah ada fitur yang satu ini.

Fitur-Fitur WhatsApp Business | Photo by Canva

#3 Labels

Dengan menggunakan fitur Labels, kita bisa mengelompokkan setiap konsumen berdasarkan kategori tertentu. Misal, kelompok ‘pelanggan lama’, ‘pelanggan baru’, ‘pre order’, ‘belum bayar’ dan lain-lain. Ibarat cold market, warm market, dan hot market, seperti itulah kira-kira.

Fitur ini diperuntukkan agar para penjual/pemilik bisnis bisa fokus memberikan pelayanan yang berbeda untuk setiap kategori pembeli yang berbeda, seperti memberikan informasi voucher gratis untuk pelanggan pertama, memfollow up pembeli yang belum bayar, dan sebagainya.

#4 Katalog Bisnis

Hal lain yang menjadi kelebihan dengan menggunakan WhatsApp Business adalah kita bisa membuat katalog di akun profil bisnis. Dengan adanya fitur ini, kita dapat menampilkan foto produk, informasi dan harga yang bisa dilihat oleh setiap konsumen.

Selain itu, kita juga bisa membagikan katalog yang sudah kita buat ke setiap orang, sehingga lebih memudahkan para konsumen untuk melihat apa yang kita jual/tawarkan.

#5 Broadcast Message

Masih ingat dengan fitur broadcast BBM? ya, fitur ini juga ada di WhatsApp Business. Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa mengirim pesan ke banyak orang (kontak yang kita miliki) dalam satu waktu. Jadi tidak perlu membuang waktu seperti mengirim pesan satu persatu.

Gimana? fitur-fiturnya sangat membantu bukan?! Dengan fitur-fitur tersebut, sangat membantu para pemilik bisnis untuk mempermudah komunikasi dengan pelanggan, dapat meningkatkan visibiltas,dan sangat efisien. Ditambah lagi, WhatsApp Business juga bisa dihubungkan ke Instagram Professional dan Facebook Page.

Kalau ketiga ini saling tertaut, maka tidak ada lagi kesusahan dalam memaksimalkan bisnis secara online. Teman-teman berhasil memanfaatkan fasilitas gratis dari aplikasi media sosial yang dimiliki oleh Meta Company ini.

Baiklah, hanya ini saja yang bisa kusampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu rekan sesama pejuang bisnis. Aku harap kedepannya bisa membagikan informasi berguna lainnya. Untuk itu, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang benar-benar membutuhkan informasi ini. Sekian dan Sampai Jumpa!

Penulis : Farina Tjahaja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s