Mengenal Meta Business Suite, Cara Kerja, Serta Kelebihannya

1. Apa Itu Meta Business Suite?

Meta Business Suite merupakan sebuah layanan yang dapat menghubungkan Facebook dan Instagram serta layanan Messenger dalam satu wadah khusus untuk pengguna bisnis ataupun para konten kreator.

Sebelumnya aku sudah pernah membahas mengenai Instagram dan Facebook di artikelku sebelumnya. Nah, namun untuk menggunakan beberapa platform tersebut secara sekaligus dalam waktu kegiatan yang sama terkadang terasa kurang efektif.

Untuk itulah, Meta Business Suite muncul sebagai layanan yang memudahkan para pemilik bisnis ataupun kreator untuk bisa menggunakan dua media sosial sekaligus untuk kegiatan yang sama.

Meta Business Suite
Gambar hanyalah Ilustrasi Penggunaan Meta Business Site | Photo by Freepik

Meta Business Suite sendiri mulai ada sejak Facebook dan Instagram bergabung dalam satu perusahaan bernama Meta milik Mark Zuckenberg. yang sebelumnya dinamakan Facebook. Inc.

Dengan Meta Business Suite, kita bisa menggunakan fasilitas-fasilitas atau fitiur-fitur didalamnya yang dapat membantu memaksimalkan bisnis kita untuk menjangkau konsumen lebih luas. Seperti mempromosikan produk atau brand.

Nah, kira-kira bagaimana cara menggunakan Meta Business Suite? Untuk itu, mari simak artikel ini sampai habis karena disini aku akan membahas sampai tuntas mengenai Meta Business Suite.

2. Cara Menggunakan Meta Business Suite

Cara menggunakan Meta Business Suite sangatlah mudah, cukup masuk melalui Facebook Page dan setelah masuk ke halamannya, kamu bisa menggunakan semua fitur-fiturnya.

Namun, harus dipahami bahwa hanya bisa digunakan oleh orang-orang yang sudah memiliki Facebook Page. Jadi buat yang belum, silahkan untuk membuat halaman Facebooknya terlebih dahulu.

login facebook
Pengguna Meta Business Suite Wajib Memiliki Facebook Page Terlebih Dahulu | Photo by Freepik

Setelah itu, hubungkan ke Akun Instagram Bisnis atau Kreator. Agar pada saat menggunakan Meta Business Suite, kamu bisa memantau aktivitas yang ada di Facebook dan Instagram dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, bisa membuat konten untuk Facebook dan Instagram sekaligus. Jadi bisa lebih hemat waktu.

Kira-kira apa saja fitur-fitur yang tersedia di Meta Business Suite?

#1. Perencanaan Konten

Dengan Meta Business Suite, kamu dapat memposting konten feed dan story di Facebook dan Instagram secara bersamaan tanpa harus beralih akun. Selain itu, kamu juga bisa menjadwalkan postinganmu baik feed dan story di lain waktu, sehingga kamu tidak perlu lagi harus memposting konten setiap saat. Cukup lakukan di satu tempat, dan jadwalkan konten untuk beberapa waktu kedepan.

#2. Mengelola Kotak Masuk

Tidak perlu lagi membalas pesan masuk di platform yang berbeda. Cukup dalam satu halaman, kamu bisa membalas pesan masuk di Instagram dan Facebook sekaligus. Kamu juga bisa membuat tanggapan otomatis di Meta Business Suite.

#3. Membuat Iklan

Membuat iklan menjadi lebih mudah dengna menggunakan Meta Business Suite. Kamu bisa mengiklankan postinganmu di Instagram ataupun Facebook. Atau bisa juga kamu bisa membuat iklan sendiri tanpa harus mempostingnya terlebih dahulu.

#4. Memantau Insight dan Tren

Di Meta Business Suite, bisa melihat kinerja postingan dan memantau tren. Selain itu, kamu juga bisa mencari tau tentang audience yang ada di Facebook dan Instagram.

#5. Dapat Mengakses Beberapa Fitur

Dengan menggunakan Meta Business Suite di desktop, kamu bisa mengakses beberapa fitur yang bermanfaat lainnya, seperti Pengelola Iklan, Commerce Manager, dan Pengaturan Bisnis lainnya.

#6. Membuat Toko Online

Kamu bisa membuat Facebook Shop dan Instagram Shop melalui fitur Commerce Manager di Meta Business Suite.

Nah, itu dia cara kerja dan fitur-fitur yang ada di Meta Business Suite. Sekarang, kamu harus tau tentang kelebihan apa saja sih jika menggunakan Meta Business Suite buat kebutuhan bisnis kamu?! Tetap simak ya!

E-commerce
Membuat Toko Online | Photo by Freepik

3. Kelebihan-kelebihan Menggunakan Meta Business Suite

Berikut beberapa kelebihan Meta Business Suite buat para pemilik bisnis ataupun konten kreator;

#1. Membangun Brand Awareness

Dengan adanya media sosial, kamu bisa memasarkan bisnis secara lebih luas dengan cara membangun brand awareness yang tepat. Dengan mengenalkan produk kamu, kamu bisa menjangkau konsumen yang luas menemukan konsumen yang potensial di Instagram dan Facebook yang mengingat penggunanya sangat banyak.

Sebagai platform yang menaungi Instagram, Facebook dan WhatsApp, Meta Business Suite memiliki kelebihan yakni, dapat membantu membangun brand awareness. Dengan fitur-fitur yang ada, sehingga pemilik bisnis ataupun kreator dapat membnagun interaksi yang intens dengan konsumen ataupun pelanggan.

#2. Membuat Promosi Bisnis yang Efektif

Membangun hubungan dengan orang-orang sekitar untuk meningkatkan penjualan dapat dimulai dengan menggunakan platform gratis seperti Facebook dan Instagram, promosi ke otrang-orang yang tepat serta membangun campaign yang kreatif dan sesuai.

Facebook dan Instagram sendiri memiliki fitur layanan iklan berbayar atau ads yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis secara lebih luas dengan pilihan wilayah sekitar yang dekat dengan lokasi bisnis kamu, sehingga konsumen pun bisa langsung mengetahui lokasi bisnis kamu sangat dekat dengan tempat tinggalnya.

Untuk membuat strategi promosi yang tepat, kamu bisa menggunakan layanan marketing plan yang sesuai agar mendapatkan konsumen yang sesuai serta budget iklan yang sesuai dan terjangkau.

#3. Meningkatkan Penjualan

Menggunakan social media tidak hanya dapat membnagun brand awareness atau mempromosikan bisnis, namun juga dapat meningkatkan penjualan.

Meta Business Suite menyediakan layanan yang dapat meningkatkan penjualan dengan cara berinteraksi dengan konsumen melalui platform Messenger, fitur iklan berbayar, serta membantu konsumen menemukan produk yang diinginkan melalui Facebook dan Instagram Shops.

Bukan hanya itu saja, sekarang kamu bisa membuat iklan melalui WhatsApp, sehingga lebih memudahkan para calon konsumen untuk berinteraksi secara langsung dan mendapatkan respon yang lebih cepat, serta belanja lebih mudah karna ada fitur Katalog Produk yang bisa didapat di WhatsApp Business.

#4. Menemui Konsumen yang Sesuai

Setiap melakukan promosi baik dalam bentuk konten ataupun iklan secara berulang-ulang, biasanya orang-orang perlahan-lahan akan mengenal produk yang kamu jual, namun masih ragu-ragu untuk membeli.

Untuk mengatasi masalah ini, Meta Business Suite menyediakan beberapa fitur khusus dapat membawa konsumen untuk membeli produk kamu.

Pertama, ada Meta Pixel yang dimana dapat membantu pemilik bisnis untuk menyebarkan iklan kepada konsumen yang pernah membeli produk kamu agar tertarik untuk kembali membeli produk lainnya.

Kedua, ada Custom Audience yang dimana para kreator bisa membuat list orang-orang berdasarkan informasi dan nama secara manual sehingga dapat menyasar pembeli yang sesuai dengan bantuan Meta SDK.

Fitur terakhir adalah personalisasi ads yang dimana iklan kamu bisa menjangkau knsumen yang sedang masa pencarian produk sehingga dapat menemukan produk kamu dan menjangkau kembali orang-orang yng pernah berkunjung ke media sosial kamu.

Nah, itu tadi hal-hal yang bisa aku sampaikan mengenai Meta Business Suite, cara kerja dan kelebihn-kelebihannya. Semoga dengan apa yang kusampaikan ini, bisa menjadi informasi yang bemanfaat buat kamu semuanya. Aku harap jika kamu berkenan kamu bisa bagikan informasi ini kepada para pemilik bisnis ataupun kreator yang membutuhkan artikel ini.

Baiklah, sekian dulu dan sampai jumpa. Terimakasih!

Penulis : Farina Tjahaja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s