Ini Dia 9 Skill yang Paling Dibutuhkan Dalam Digital Marketing

Digital Marketing merupakan salah satu skill yang paling banyak dibutuhkan dalam bidang apapun saat ini. Mulai dari perusahaan besar hingga bisnis kecil maupun bisnis jasa membutuhkan digital marketing untuk memasarkan bisnisnya lebih luas secara online.

Lebih mudah dan murah. Hal ini tentu saja membuat orang-orang memilih digital marketing sebagai sarana pemasaran bisnisnya dibandingkan traditional marketing

Disini kita tidak akan membahas pengertian  digital marketing lagi karena aku sudah pernah membahas disebuah artikel sebelumnya. Silahkan kamu bisa baca dengan klik linknya dibawah ini!

Jadi, disini kita hanya membahas tentang skill apa saja yang wajib dikuasai buat kamu yang ingin terjun sebagai digital marketer. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai habis!

digital marketing
Seorang digital marketer handal wajib menguasai beberapa skill | Photo by Canva

Skill-skill yang Wajib Dikuasai Sebagai Seorang Digital Marketer

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah teknik untuk mengoptimasi website agar dapat muncul di halaman pertama Google dengan keyword atau kata kunci tertentu, yang fungsinya untuk meningkatkan trafik website atau penjualan.

SEO bersifat organik dan sangat dibutuhkan. Selain gratis juga sangat cocok digunakan untuk strategi jangka panjang. Buat kamu yang ingin menjadi seorang digital marketer, wajib untuk mempelajari keahlian ini.

Sebab, SEO bukan hanya berlaku di website namun social media seperti Instagram dan platform Youtube sudah menerapkan SEO agar mudah dicari oleh para pengguna. 

Jadi buat kamu yang masih pemula, sebaiknya pelajari SEO dari sekarang. Baik dengan mengikuti kelas online, pelatihan bootcamp, atau dengan mengambil sumber ilmu seperti buku atau Youtube.

2. Social Media Organic

Selain SEO, menguasai keahlian social media organic juga sangat dibutuhkan. Sebab, sebagian besar penduduk di dunia sudah memiliki akun sosial media, baik itu Instagram, Facebook ataupun TikTok.

Mempelajari cara mengembangkan akun media sosial secara organik membutuhkan waktu. Sebab, kita harus memahami konten yang akan dibuat dan audience yang akan melihat konten yang kita.

social media organic
Social Media Organic merupakan skill paling penting bagi digital marketer | Photo by Canva

Dua hal terpenting, terlihat sepele namun sebenarnya tidak. Setiap platform media sosial memiliki jenis konten dan audience yang berbeda. Untuk itu juga sangat penting mempelajari keahlian social media organic dan memahami setiap platformnya.

Agar lebih mudah memahami, disarankan untuk mempelajari strategi branding untuk social media. Dengan mempelajari strategi branding, berarti kamu dapat memahami konten apa yang akan dibuat, dapat menentukan niche/target market atau jenis audience seperti apa yang akan tertarik melihat konten yang kamu buat.

3. Content Writing Skill

Menulis konten sudah pasti termasuk skill wajib yang harus dimiliki. Sebab setiap konten yang akan dibuat pastilah membutuhkan script, untuk itulah content writing sangat diperlukan.

Dengan menguasai skill yang satu ini, kesempatan kamu di dalam dunia kerja juga akan semakin terbuka. Pasalnya, profesi penulis konten atau content writer saat ini masih sangat banyak dibutuhkan.

Jika kamu berminat mendalami content writing skill, ada baiknya mulai mencari informasi mengenai kelas menulis konten atau bisa juga bergabung di komunitas sesama penulis. Bisa juga menambah referensi dengan membaca buku favorit kamu (buku non-fiksi).

4. Copywriting

Copywriting apakah sama dengan content writing? Jawabannya tentu saja tidak. Jika content writing adalah menulis untuk konten, maka copywriting merupakan menulis untuk menarik minat pembaca agar tertarik menggunakan produk/jasa yang kita miliki, alias menulis naskah iklan.

Teknik menulis copywriting membutuhkan strategi atau formula khusus. Ada beberapa formula khusus dalam menerapkan copywriting, salah satunya yang paling populer adalah teknik AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action).

Mengapa seorang digital marketer membutuhkan keahlian copywriting? Sebab, dengan adanya copywriting, strategi pemasaran akan berjalan dengan baik dan dapat menarik perhatian orang-orang untuk menggunakan produk/jasa kita.

Selain itu, copywriting juga sangat dibutuhkan dalam strategi branding. Sebab setiap platform media sosial memiliki fitur caption atau tulisan yang menjelaskan isi konten tersebut.

menulis konten
Seorang digital marketer harus memiliki skill menulis iklan yang baik | Photo by Canva

5. Design Skill

Keahlian dalam membuat desain pastinya sangat diperlukan dalam digital marketing. Sebab informasi yang disampaikan bisa dengan melalui desain yang dibuat.

Desain yang bagus dan eye-catchy dapat sekali menarik perhatian orang-orang, apalagi informasi yang disampaikan juga sangat jelas dan tidak membuat bingung orang yang melihatnya.

Desain yang terlalu berlebihan sangatlah tidak disarankan. Buat kamu yang ingin belajar desain, sebaiknya gunakan CANVA. Selan mudah, juga gratis. Kamu cukup log in aja di website atau aplikasi CANVA di smartphone, dan gunakan fitur-fitur yang ada didalamnya.

6. IG Ads/FB Ads

Memahami Ads juga sangat penting untuk seorang digital marketer, sebab Ads merupakan fitur iklan agar dapat memasarkan bisnisnya secara lebih luas dengan budget yang sesuai. Ads dapat meningkatkan penjualan secara lebih cepat jika paham cara menerapkan Ads toolsnya.

Jadi, jika sembarang membuat Ads tanpa memahaminya terlebih dahulu, maka iklan akan boncos dan budget yang dikeluarkan akan sia-sia. Untuk itu penting sekali memahami cara membuat iklan yang benar, tujuan campaign dan target market yang tepat, serta budget yang sesuai.

Untuk itu, mempelajari tentang Ads terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuat iklan adalah salah satu hal yag harus dilakukan oleh seorang digital marketer.

7. Content Creation

Content creation maksudnya adalah membuat konten. Karna kita membahas platform media sosial media seperti Facebook, Instagram dan TikTok. Berarti jenis konten yang dibuat adalah dalam bentuk foto dan video.

Sangat perlu memahami bagaimana cara menghasilkan foto dan video yang bagus. Untungnya, zaman sekarang sudah ada smartphone dengan kamera yang ukuran MP nya sangat besar, sehingga bisa menghasilkan foto dan video yang jernih.

8. Content Strategy

Selain membuat konten, pastinya harus juga mengetahui strategi konten seperti apa yang akan dibuat. Oleh karena itu, seorang digital marketer sangat perlu memahami cara membuat content planner yang tepat.

Setiap konten yang kita buat memiliki tujuannya. Untuk itu membuat konten bukanlah asal-asalan. Menghasilkan foto/video yang bagus tanpa mengetahui tujuannya sama saja nihil.

Untuk itu pastikan terlebih dahulu jenis audiencenya seperti apa, konten yang akan dibuat seperti apa, lalu bikin susunan konten yang akan dibuat sesuai tujuan yang ingin dicapai.

Misalkan tujuannya adalah agar orang membeli, maka konten yang harus dibuat adalah konten jualan. Atau misalkan agar orang-orang memahami produk yang kita miliki, maka buatlah konten branding.

9. Data Analytic Skill

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah memiliki Data Analytic Skill. Sangat penting memiliki kemampuan menganalisa data agar mampu mengetahui perkembangan bisnis secara online di sosial media.

Dengan memahami data yang dimiliki, kita bisa membaca seperti apa jenis audience yang berminat dengan konten kita, jenis konten seperti apa yang disukai oleh audience kita. Data-data ini sangat penting sebagai bahan dalam membuat campaign yang akan kita buat nantinya.

data analytic
Menganalisa data perkembangan sosial media | Photo by Canva

Nah, itu dia 9 skill yang wajib untuk kamu kuasai jika ingin mejadi seorang digital marketer yang handal. Kalau kamu masih pemula atau belum pernah sama sekali. Ada baiknya kalau kamu mulai mempelajarinya dari sekarang.

Kamu bisa mengikuti kelas online atau pelatihan bootcamp yang banyak dibuka sekarang ini In formainya bisa kamu dapatkan di internet.

Atau kalau kamu bingung, disini aku merekomendasikan platform kelas online dari Kursus Digital. Kursus Digital merupakan platform yang menyediakan banyak sekali kelas-kelas digital marketing yang bisa kamu akses setiap saat.

Mengapa Kursus Digital? Karena selain bisa diakses kapanpun dan dimanapun, ilmu yang disampaikan benar-benar dari basic hingga advance, biayanya terjangkau dan lebih enaknya lagi, bisa konsultasi langsung dengan mentornya. Sertifikat? pasti dong, buat kamu yang berhasil menyelesaikan ujian dengan skor yang baik.

Buat kamu yang berminat untuk belajar digital marketing lebih dalam, yuk langsung aja kunjungi websitenya https://kursusdigital.id/ dan jangan lupa untuk daftar kelasnya ya! Sampai jumpa dan terimakasih!

Penulis : Farina Tjahaja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s