Mengenal Copywriting, Tujuan dan Formula AIDA Serta Cara Menerapkannya

1. Pengertian Copywriting

Copywriting merupakan teknik penulisan yang sangat penting untuk pemasaran atau periklanan. Tujuan utama dari copywriting adalah untuk menarik minat pembaca agar mau membeli produk atau menggunakan jasa yang kita tawarkan.

Selain itu, Copywriting memliki beberapa tujuan lain diantaranya;

  • Membangun Brand Image
  • Membuat Konten yang Sesuai
  • Menjadi Media Komunikasi Antara Bisnis dengan Audiens
  • Mendorong Audiens Melakukan Tindakan
  • Dapat Meningkatkan Penjualan

Dalam copywriting, ada beberapa formula yang biasa digunakan copywriter untuk menulis naskah iklan, salah satunya yang paling umum adalah formula AIDA.

copywriting
Copywriting adalah teknik penulisan iklan yang bertujuan menarik minat orang untuk membeli produk/jasa | Photo by Canva

AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action. Sebenarnya ada lagi formula lainnya seperti AIDCA, PAS, FAB dan lain-lain. Nah, tetapi disini aku akan menjelaskan formula AIDA dan cara menerapkannya. Jadi silahkan simak artikel ini sampai habis!

2. Formula AIDA dan Penerapannya

AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire dan Action. Formula ini paling umum digunakan oleh para pemilik bisnis ataupun copywriter dalam membuat naskah periklanan.

Cara menerapkannya, kamu bisa ikuti beberapa langkah dibawah ini!

A. Attention

Buatlah headline yang dapat menarik perhatian orang. Menurut beberapa penelitian, 8 detik pertama sangat menentukan orang-orang untuk melihat isi konten tersebut atau tidak. Jadi usahakan buatlah judul atau headline yang menarik.

Dalam hal ini, juga harus perhatikan beberapa hal seperti judul, gambar dan kalimat pembuka. Berilah solusi yang dapat menyelesaikan masalah mereka.

B. Interest

Selanjutnya, bukan hanya perhatian saja tetapi optimalkan interest dari orang-orang seperti mencantumkan informasi, fakta, studi kasus, kondisi yang sebenarnya, atau hal-hal lain seperti mengapa orang-orang harus membeli/menggunakan produk yang kamu tawarkan di iklan.

C. Desire

Dalam hal ini, Desire hampir mirip dengan Interest, hanya saja kamu harus bisa membuat orang-orang benar-benar menginginkan produk/jasa yang kamu tawarkan.

Bisa dengan menjelaskan keunggulan produk tersebut. Selain itu, bisa juga dengan cara melibatkan atau memancing emosi dari orang-orang yang melihat iklan tersebut.

D. Action

Setelah itu, ajaklah orang-orang atau calon pembeli untuk mengambil tindakan atas produk yang ditawarkan ke dalam naskah iklan yang kamu buat.

Bisa dengan mengajak untuk berkonstribusi dalam kampanye yang kamu buat, mendaftar, mengisi kuesioner, menelpon atau langsung membeli produk.

naskah iklan
Formula AIDA adalah formula copywriting yang paling umum digunakan dalam naskah iklan | Photo by Canva

Jadilah Persuasif!

Setelah menerapkan 4 cara atau komponen tersebut, maka gabungkanlah semua komponen diatas agar menjadi naskah iklan yang dapat berhasil menarik perhatian atau membuat orang-orang merasa harus membeli produk tersebut.

Buatlah susunan dengan mengurutkan keempat komponen tersebut biar lebih terstruktur dan terencana.

Oleh karena itu, disini akan dijelaskan contoh dari formula AIDA dan struktur bagannya!

  • Attention : “Makan enak tanpa ribet? Cukup 5 menit makanan langsung tersaji di meja”
  • Interest : “Rasanya dijamin enak, seperti masakan ala chef berpengalaman.”
  • Desire : “Dengan kesibukan yang padat, frozen food bisa jadi solusi makanan lezat dan bergizi.”
  • Action : “Yuk, buruan langsung pesan sekarang karna stok terbatas!”

Jangan Lupa, Evaluasi Copywritingmu!

Yang paling penting, jangan lupa untuk selalu evaluasi naskah copywriting yang sudah kamu buat agar iklan yang kamu buat hasilnya maksimal.

Contoh Beberapa Kalimat Copywriting;

  • Beli Sekarang, Bayar Nanti! (Kredivo)
  • Apapun Makanannya, Minumnya tetap Teh Botol Sosro (Teh Sosro)
  • Siapapun Bisa Jualan dengan Untung Jutaan (Mitra Bukalapak)
  • Solusi yang Pas Dikala Kepala SEdang Panas (Es Teler 77)
  • Aku dan Kau, Suka Dancow (Dancow)

Nah, begitulah kira-kira yang bisa disampaikan mengenai copywriting, tujuan dan formulanya serta cara penerapan dan contohnya. Semoga bisa membantu para pembaca yang sedang kebingungan dalam membuat naskah iklan yang menarik.

Sekian dulu artikelku kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih dan sampai jumpa!

Penulis : Farina Tjahaja

Referensi :

https://toba.ai/blog/copywriting-adalah-seni-jualan-dengan-tulisan/

https://danacita.co.id/blog/pengertian-copywriting-serta-rekomendasi-bootcampnya/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s