Kerja Lebih Produktif Dengan Membuat ‘Working Space’ Di Rumah

1. Mengapa butuh Kantor/Working Space di Rumah?!

Membuat working space atau kantor dirumah sendiri merupakan salah satu cara agar lebih produktif dalam menyelesaikan pekerjaan di rumah.

Walaupun hal ini hanya berlaku untuk para pekerja WFH (Work Fome Home), remote worker dan freelancer. Tapi ini juga berlaku untuk orang-orang yang bekerja di kantor atau diluar rumah, jika kerjaan dikantor belum selesai.

Kantor dirumah
Membuat kantor sendiri dirumah dapat membantu bekerja lebih produktif | Photo by Canva

Ada beberapa alasan mengapa membuat kantor di rumah dapat memberikan banyak keuntungan, antara lain:

  1. Hemat biaya: Membuat kantor di rumah dapat membantu menghemat biaya sewa kantor dan transportasi, jika kamu masih harus bekerja kantor di luar rumah.
  2. Jadwal kerja lebih fleksibel: Dengan kantor di rumah, Kamu akan lebih fleksibel untuk menyesuaikan waktu kerja dengan jadwal pribadi, seperti mengurus anak atau keluarga.
  3. Konsentrasi lebih baik: Dengan adanya kantor di rumah, kamu dapat memilih ruang kerja yang bisa memberikan konsentrasi yang lebih baik, karena kamu tidak akan terganggu oleh suara atau aktivitas yang ramai.
  4. Kendali lingkungan: Kamu dapat mengatur lingkungan dan suara di kantor yang kamu buat, sehingga lebih mudah mengontrol kualitas kerja dan produktivitas.
  5. Kesejahteraan: Membuat kantor di rumah dapat meningkatkan kesejahteraan kamu, karena kamu dapat memilih desain kantor yang sesuai dengan selera dan kepribadian kamu.

Jadi, membuat kantor di rumah dapat meningkatkan efisiensi waktu dan biaya, juga meningkatkan kesejahteraan dan konsentrasi kamu dalam bekerja. Tentunya hal ini akan memudahkan dan memberikan kemudahan bagi kamu dalam menjalankan bisnis dan pekerjaan.

2. Cara Membuat Kantor/Working Space di Rumah

Jadi, jika kamu tertarik untuk membuat kantor atau working space dirumah, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan:

  1. Pilih ruangan yang tepat: Pilih ruangan di rumah yang memiliki privasi yang cukup dan minimal gangguan dari anggota keluarga lain.
  2. Buatlah rencana tata letak: Buatlah rencana tata letak kantor kamu, termasuk meja, kursi, dan rak. Perhatikan pula tempat listrik dan pencahayaan yang cukup untuk keperluan kantor kamu.
  3. Beli peralatan kantor: Belilah peralatan kantor dasar seperti meja, kursi, rak, multitasking printer, dan peralatan kantor lainnya yang dibutuhkan.
  4. Pilih dekorasi yang tepat: Pilihlah dekorasi yang cocok untuk kebutuhan kantor kantor, seperti lukisan atau foto, lampu gantung, dan tanaman hias.
  5. Susun jadwal kerja: Tentukan jadwal kerja kamu dan pastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk istirahat. Pastikan juga untuk mematikan smartphone atau TV selama jam kerja.
  6. Tetap jaga kebersihan dan kerapian: Pastikan kantor kamu selalu rapi dan bersih, apalagi jika akan menerima tamu.
Tips membuat kantor dirumah
Salah satu cara membuat kantor dirumah, pilih area dengan cahaya matahari yang masuk kedalam ruangan | Photo by Canva

Itulah beberapa langkah untuk membuat kantor sendiri dirumah. Pastikan kamu menganggap kantor di rumah ini sama seriusnya seperti kantor di luar rumah dan menghindari gangguan atau interupsi yang tidak perlu.

Baiklah, hanya ini saja yang bisa kusampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu rekan sesama pejuang bisnis. Aku harap kedepannya bisa membagikan informasi berguna lainnya. Untuk itu, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang benar-benar membutuhkan informasi ini. Sekian dan Sampai Jumpa!

Penulis : Farina Tjahaja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s